Rabu, 06 Januari 2010

Penyebab Terjadinya Pemadaman Listrik Bergilir

Penyebab Terjadinya Pemadaman Listrik Bergilir

sumber : http://www.ihsanfirdaus.com/inilah-penyebab-terjadinya-pemadaman-listrik-bergilir/

Sudah hampir 1 Bulan ini wilayah JABODETABEK juga beberapa daerah di Jawa Barat mengalami pemadaman listrik secaa bergilir dari PLN, tentunya hal ini cukup menganggu aktivitas masyarakat yang berada di wiliyah pemadaman, sudah menjadi hal umum bahwa ketergantungan masyarakat akan energi listrik sangatlah besar, hampir semua aktivitas usaha yang melibatkan mesin ataupun teknologi memerlukan Listrik.

Kabar yang beredar pemadaman listrik bergilir ini baru akan berakhir Akhir Desember 2009, wuih cukup lama ya .. lalu apa sih yang menjadi penyebab adanya penmadaman listrik bergilir ini, saya coba mengumpulkan beberapa alasan yang dikemukakan oleh beberapa media di Indonesia, berikut beberapa alasan itu :

1. Rusaknya Gardu induk PLN di kawasan Jakarta Timur karena Terbakar pada tanggal 29 September 2009. (sumber : Kompas)

2. Terbakarnya sebuah trafo yang dimiliki Gardu Induk Tegangan Tinggi Cawang (sumber : Kompas, Republika, Media Indonesia, Detik)

3. Kerusakan trafo di gardu induk listrik Gandul dan Pembangkit Listrik Tenaga Gas dan Uap (PLTU) Muara Karang (sumber : MetroTv)

4. Jabar : PLTP Gunung Salak Unit 2 Unit terganggu dan lepas dari sistem. Trafo GITET 500 KV Bandung Selatan terganggu (sumber : Detik)

Ternyata penyebab utama adanya pemadaman listrik bergilir di Jakarta dan sekitarnya adalah Terbakaranya trafo di Gardu Induk Tegangan Ekstra Tinggi (GITET) Cawang, Jakarta Timur.

ya kita berharap PT. PLN bisa segera memperbaiki trafo yang terbakar itu, konon biaya yang diperlukan untuk perbaikan itu tidak sedikit, dan baru akan rampung sekitar bulan Desember 2009, ya mudah-mudahan bisa secepatnya teratasi.

Khusus bagi warga masyarakat kita dihimbau untuk menghemat energi listrik, dengan cara yang relatif mudah yaitu menyalakan lampu dan alat-alat kelistrikan lainnya seperlunya saja.

perlu kerja keras dalam hal ini terutama PLN, ya kerja keras adalah energi kita untuk mencapai apa yang kita targetkan.

Semangat untuk PLN Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar